Friday, February 3, 2012

Iran Berhasil Luncurkan Satelit Dengan Kode Sandi Allahu Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN - Iran kembali luncurkan satelit ke luar angkasa. Peluncuran satelit Nasional Iran ini dipimpin langsung Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad sekaligus memperingati sepuluh hari kemenangan Revolusi Islam Iran, di Teheran, Jumat (3/2).

Satelit yang diberi nama 'Navid-e Elm-o Sanat' ini dibuat oleh Universitas Elm-o Sanat Tehran. Peluncuran satelit ini diiringi dengan sandi suci takbir. 'Allahu Akbar, Ya Mahdi Adrikni' pada pukul 03:30 Jumat dinihari dan telah menempati jalur orbitnya dengan sukses.

Berdasarkan laporan ini, satelit yang dibuat Universitas Elm-o Sanat Tehran ini termasuk satelit pengamat yang bertugas memetakan bumi dengan presisi gambar yang sangat detil. Satelit Navid-e Elm-o Sanat ini tergolong kelas mikro yang mengorbit di ketinggian 250 hingga 375 kilometer dan berat 50 kilogram dengan orbital sudut 55 derajat.

Aplikasi satelit ini dipergunakan untuk berbagai kepentingan di bidang ilmu meteorologi, manajemen bencana alam, mengkaji kelembaban dan suhu udara, bahan kimia atmosfer, angin, salju, hujan dan samudera.

Satelit nasional Iran ini akan mengorbit bumi setiap kali dalam 90 menit dan kamera yang dipasang akan mengirimkan gambar dengan resolusi tinggi ke 5 stasiun bumi yang terletak di pelbagai daerah Iran.

Kehadiran satelit Navid-e Elm-o Sanat untuk menyempurnakan satelit sebelumnya. Satelit ini memiliki kemampuan lebih baik ketimbang satelit sebelumnya, Omid dari sisi teknologi kontrol dan lebih stabil.

Terkait

Description: Iran Berhasil Luncurkan Satelit Dengan Kode Sandi Allahu Akbar Rating: 4.5 Reviewer: top2day ItemReviewed: Iran Berhasil Luncurkan Satelit Dengan Kode Sandi Allahu Akbar
Al
Mbah Qopet Updated at: 1:40 AM

0 comments:

Post a Comment