Sunday, March 18, 2012

Anak Terlambat Sekolah, Orangtua Ditangkap Polisi

Apakah anak Anda kerap terlambat datang ke sekolah? Jika tinggal di Virginia, Amerika Serikat, para orangtua yang anaknya suka terlambat sekolah bisa ditangkap polisi.

Salah satu orangtua yang mengalami hal itu adalah Maureen Blake. Pada suatu malam di bulan Januari, Maureen terkaget-kaget ketika pintu rumahnya diketuk seorang petugas kepolisian. Saat itu dia sebenarnya sedang menggelar pesta piyama untuk anak-anaknya.

Namun ketika itu, polisi tidak mau tahu. Maureen diborgol dan dibawa ke kantor polisi. Kejahatan yang dilakukannya adalah membuat anaknya datang terlambat ke sekolah. Dia memang sering mengantar anaknya yang duduk di bangku sekolah dasar terlambat 10 menit.

Pada Rabu (7/3/2012) lalu, kejadian serupa juga dialami pasangan Mark dan Amy Denicore, asal Loudoun County, Virginia, AS. Pasangan tersebut memiliki tiga anak yang duduk di bangku sekolah dasar di wilayah itu. Keduanya dituduh melakukan kejahatan ringan karena membuat anak-anak mereka sering terlambat sekolah.

"Kami akui, kami tidak sempurna," ujarnya pada ABC News. Tapi Mark mengaku anak-anaknya hanya terlambat beberapa menit di kelas pertamanya.

Denicore yang berprofesi sebagai pengacara mengatakan distrik sekolah tidak punya hak untuk menghukum orangtua atas keterlambatan anak-anak mereka. Dia pun menuduh distrik sekolah melakukan bullying pada para orangtua.

Sementara itu pihak distrik sekolah keukeuh menganggap keterlambatan anak adalah kesalahan orangtua. Anak-anak yang datang terlambat juga bisa mengganggu murid lainnya di kelas.

Kasus yang dialami Denicore dan orangtua lainnya itu kini sudah banyak diperdebatkan apakah memang pihak distrik sekolah bisa sejauh itu mengatur kebijakan. Apalagi mengingat cukup banyak orangtua yang harus berusaha keras untuk membuat anak mereka datang tepat waktu ke sekolah.

Jika pihak distrik sekolah beralasan keterlambatan itu bisa mengganggu proses belajar anak, Denicore juga tidak sepaham. Ditegaskannya anak-anaknya tetap memiliki nilai akademi dan sopan-santun yang baik walaupun suka terlambat.

Pihak distrik sekolah lainnya juga kurang setuju dengan apa yang dilakukan di Virgina itu. Juru bicara Loudoun County School District Wayde Byard mengatakan, seharusnya ada proses yang cukup panjang sebelum orangtua sampai disidang karena kasus tersebut. "Kita berada dalam bisnis partnership, bukan bisnis hukuman," ujarnya.

Jakarta - wolipop.detik.com

Terkait

Description: Anak Terlambat Sekolah, Orangtua Ditangkap Polisi Rating: 4.5 Reviewer: top2day ItemReviewed: Anak Terlambat Sekolah, Orangtua Ditangkap Polisi
Al
Mbah Qopet Updated at: 7:53 PM

0 comments:

Post a Comment